Bangkitkan Minat Mahasiswa Mntuk Menjamah Pondok Pesantren Melalui Seminar Nasional Akuntansi Pesantren

Kamis, 02 Mei 2019 10:01 WIB

Pondok Pesantren merupakan lembaga pendidikan yang sustainable dalam mengahadapi berbagai zaman. Salah satu bukti eksistensi dari pondok pesantren yaitu munculnya akuntansi khusus untuk pondok pesantren. Rupa-rupanya prodi akuntansi dapat menangkap sinyal tersebut, sehingga berinisiatif untuk mengadakan seminar nasional akuntansi pondok pesantren. Prodi Akuntansi bersama HMJ Akuntansi, mendatangkan pemateri seminar nasional dari Universitas Trunojoyo, Prof. Dr.  Muhammad Nizarul Alim, M.Si., Ak. CA.

Beliau menyampaikan bahwa substansi dari akuntansi pondok pesantren adalah pemisahan laporan antara laporan keuangan unit usaha dengan lembaga pendidikan. Beliau berharap dengan adanya seminar nasional ini akan mendongkrak banyak penelitian mahasiswa (skripsi) terkait dengan penerapan akuntansi pondok pesantren. Saat ini, sosialisasi oleh pihak IAI masih terus dilakukan di tiap-tiap pondok pesantren di Indonesia.

“Akuntansi Pondok Pesantren ini baru berlaku tahun 2018, sehingga masih sangat baru untuk diteliti.” ungkap Dr Masiyah Kholmi, MM, Ak., CA ketika sambutan. Beliau juga mengisi materi terkait akuntabilitas dan transparansi. Dengan adanya akuntansi pondok pesantren, harapannya dapat meningkatkan akuntabilitas dan transparansi dari laporan keuangan pondok pesantren. Akuntansi pondok pesantren ini sangat memungkinkan untuk berkembang, misalnya terkait dengan perlakuan bunga bank juga masih menganut sistem konvensional. Antusias peserta seminar sangatlah nampak dari banyaknya pertanyaan tentang akuntansi pondok pesantren. 

Shared: