Pendidikan Ala Pesantren Warnai Praktikum akuntansi

Jum'at, 17 Mei 2019 10:22 WIB

Beberapa waktu lalu, prodi akuntansi datangkan ahli akuntansi pesantren guna membekali mahasiswa dengan ilmu akuntansi pesantren. Ternyata tidak hanya itu, aura pesantren nampak pada proses pembelajaran praktikum di segala cabang ilmu akuntansi. Pada acara pelepasan asisten laboratorium akuntansi tanggal 17 Mei 2019, Dr. Idah Zuhroh MM. selaku Dekan FEB UMM menyampaikan bahwa sistem pembelajaran praktikum di UMM (khususnya Lab akuntansi) menggunakan sistem pesantren. “Dalam pondok pesantren, yang senior membantu proses belajar adik-adik tingkatnya.” Jelas beliau. Menurutnya, ini merupakan sebuah keunggulan yang memang tidak di blowup.

Keunggulan dari sistem pembelajaran ini yaitu terciptanya alumni (asisten) yang memiliki kemampuan leadership. Keunggulan ini merupakan modal untuk kehidupan para alumni Asisten Lab Akuntansi ke depannya. Di masa depan, para alumni asisten lab akuntansi sangat berpotensi untuk menjadi seorang pengajar. Beberapa asistem lab akuntansi yang dilepas telah mendaftarkan diri untuk melanjutkan studi S2. Dekan FEB UMM berharap para alumni akuntansi UMM mampu tersebur diseluruh negeri bahkan luar negeri dan menjadi sosok penting bagi bangsa ini.

Praktikum akuntansi ini memiliki harapan untuk menciptakan sumberdaya lulusan akuntansi UMM yang berkualitas. Sudah banyak sekali mata kuliah praktikum akuntansi yang disediakan oleh pihak Laboratorium Akuntansi. Mulai dari praktikum akuntansi jasa hingga riset akuntansi pun disajikan untuk memperkuat pemahaman mahasiswa di bidang akuntansi. Acara ini ditutup dengan peangajian tentang kenikmatan berpuasa oleh Dr. Ahmad Juanda, MM., Ak., CA.

Shared: