Tanamkan Keahlian Khusus Mahasiswa Melalui Short Course Ekspor-Impor

Rabu, 02 Mei 2018 10:27 WIB

Malang (26/4/18).  Laboratorium Akuntansi FEB mengadakan Short Course Ekspor-Impor. Acara ini berlangsung selama tiga hari. Aula Teknik GKB 3 menjadi tempat diselenggarakannya Short Course ini. Acara ini dibuka oleh Ibu Dr. Idah Zuhro, MM. selaku dekan FEB UMM. Setelah sambutan dari Ibu Dekan FEB, Kepala Laboratorium Akuntansi, Ibu Dra. Siti Zubaidah, MM. Ak. CA, juga memberikan sambutannya. Beliau merupakan Kepala Laboratorium Akuntansi yang baru dilantik beberapa waktu yang lalu. "Acara ini merupakan kegiatan rutin tiap tahunnya, yang tujuannya untuk menanamkan keahlian khusus mahasiswa" ujar Bu Ida (sapaan beliau).

Adanya Short Course seperti ini diharapkan mampu meningkatkan daya saing mahasiswa dalam mencari pekerjaan nantinya. Bu ida menyampaikan bahwa dengan adanya short course ini, mahasiswa akan memiliki kemampuan khusus yang nantinya menjadi nilai tambah di mata stakeholder. Pada kesempatan kali ini, kepala laboratorium akuntansi mampu menghadirkan perwakilan dari PT Pelindo. Bapak Herman Yuni Irawan dari PT Terminal Teluk Lamong menyampaikan materi pertama yang menjelaskan secara detail bagaimana kegiatan ekspor impor. Pada sesi berikutnya Bapak Deddy Setyo Nugroho dari instansi Cipta Jasatama Adit And Consultant yang merupakan Alumni Akuntansi UMM menyampaikan tentang perpajakan ekspor dan impor.


Pada acara bagian pertama ini diikuti oleh kurang lebih 100 peserta dan dihadiri oleh beberapa Dosen Akuntansi FEB. Acara bagian kedua diselenggarakan pada hari berikutnya dengan pemateri dari Bank BNI yaitu Zulfadina. Kemudian dilanjutkan dengan pemateri Ibu Riska Harventy, SE., M.Si, Ak., CA. perwakilan dari PT Tri Mega Baterindo Sidoarjo. Pada hari terakhir acara, peserta diberangkatkan untuk melihat langsung kondisi Teluk Lamong. Hal ini diharapkan dapat memberikan mahasiswa gambaran nyata setelah mendapatkan materi (teori) selama dua hari sebelumnya. 

Shared: