Berbekal Surat Al-Maun, Dosen Akuntansi UMM Raih Penghargaan Dosen Berprestasi

Senin, 29 Mei 2023 10:18 WIB   Akuntansi

Pekan lalu (20/05/2023) bertepatan dengan peringatan hari kebangkitan nasional dan hari pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang menggelar upacara di lapangan helipad disertai dengan pemberian pernghargaan kepada dosen, karyawan, serta mahasiswa berprestasi. Masiyah Kholmi, Dr., MM., Ak., CA merupakan dosen yang menerima penghargaan sebagai dosen berprestasi di bidang penggerak sociopreneur. Beliau merupakan dosen tetap di program studi Akuntansi UMM. Berbekal pada surat Al-Maun, Masiyah Kholmi, Dr., MM., Ak., CA berhasil meraih penghargaan dosen berprestasi bidang penggerak sociopreneur.

“Surat Al-Maun itu di dalamnya kan ada ayat yang kalau diinterpretasi itu kita diharuskan untuk tolong menolong, sehingga motivasi saya ya untuk menolong sesama melalui adanya kearifan lokal yang mungkin bisa diangkat”, ujar Masiyah Kholmi, Dr., MM., Ak., CA.

Bidang sociopreneur sendiri telah digeluti oleh Masiyah Kholmi, Dr., MM., Ak., CA dari tahun 1994. Di awali dengan menulis buku berjudul “Akuntansi Koperasi”, kemudian di tahun 2015 menulis buku berjudul “Gerakan Ekonomi Berkemajuan”. Kemudian kecintaan dalam akuntansi manajemen dan tentang bagaimana melakukan efisiensi biaya, beliau mengimplementasikan keilmuan yang dimiliki dengan memberikan motivasi dan saran kepada mahasiswa serta masyarakat yang memiliki potensi-potensi yang bisa dikembangkan. Beliau mencoba untuk menggerakan masyarakat dari bawah yang memiliki potensi untuk dikembangkan. Seperti contohnya adanya lingkungan masyarakat dengan komoditas singkong, agar tidak hanya menjadi bahan mentah saja, masyarakat kemudian diberi motivasi untuk bisa dikembangkan sehingga menciptakan komoditas baru seperti kripik, singkong keju, dll sehingga bisa meningkatkan omset dari masyarakat tersebut.

Masiyah Kholmi, Dr., MM., Ak., CA berharap kedepannya akan tetap bisa memberikan motivasi baik kepada mahasiswa yang tertarik untuk mengembangkan bisnis dan juga masyarakat yang akan memulai bisnisnya dari bawah serta membuka klinik ekonomi yang diharapkan dapat menghasilkan bisnis baru yang dilakukan dengan menjalin kerjasama di PDA kota Malang.

 

Shared: