Capaian Pembelajaran Lulusan

Berdasarkan KKNI pada level 6, Kurikulum Outcome Based Education, visi dan misi terbaru Prodi Akuntansi, masukan terkait peninjauan kurikulum dari pihak eksternal serta masukan dari pihak internal, Prodi Akuntansi menetapkan lima profil lulusan yaitu Pemeriksa Informasi Akuntansi, Penyaji Informasi Akuntansi, Analis Informasi Akutnansi, Konsultan Perpajakan dan Entrepeneur. Setelah profil lulusan ditetapkan, Prodi Akuntansi merumusakan capaian pembelajaran sebagai berikut:

Kode CPL

 

CPL Prodi

 

Sikap

 

 

 

CPL 1

S1

Menginternalisasi nilai-nilai Al-Islam, Kemuhammadiyaham, Pancasila dan Kewarganegaraan dalam konteks personal, sosial, dan pekerjaan.

 

CPL 2

S2

Memiliki komitmen beretika dan bertanggung jawab secara mandiri atas pekerjaannya

 

Ketrampilan Umum

 

 

 

CPL 3

KU1

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif-inovatif, memecahkan permasalahan dalam konteks pengembangan atau implementasi bidang Akuntansi yang memperhatikan dan menerapkan perkembangan IPTEKS dan nilai humaniora.

 
 
 

CPL 4

KU2

Mampu bekerja dalam tim dan berkomunikasi efektif, dan beradaptasi dengan lingkungan kerja dan masyarakat baik lokal, nasional, regional, maupun intenasional, serta mengambil keputusan strategis di bidang Akuntansi berdasarkan data, teknologi & informasi yang relevan.

 

Ketrampilan Khusus

 

 

 

CPL 5

KK1

Mampu menyusun dan menganalisis laporan keuangan berdasarkan analisis kebijakan akuntansi yang ditetapkan secara mandiri dengan memanfaatkan teknologi informasi pada bidang akuntansi untuk pengambilan keputusan serta melakukan komunikasi transfer knowledge bidang akuntansi.

 
 
 

CPL 6

KK2

Mampu menganalisis sistem informasi akuntansi, menentukan prosedur-prosedur audit, serta membuat dan menyampaikan laporan auditor independen berdasarkan standar audit yang berlaku dengan memanfaatkan teknologi informasi.

 
 
 

CPL 7

KK3

Mampu menyusun pelaporan internal sesuai kebutuhan manajemen perusahaan, menyelesaikan masalah-masalah perpajakan dan menyusun perencanaan pajak sesuai dengan standar yang berlaku.

 
 
 

CPL 8

KK4

Mampu mengkaji implementasi pengembangan ilmu Akuntansi dan menyusun deskripsi saintifik hasil kajian dalam bentuk tugas akhir yang dipublikasikan pada jurnal nasional terakreditasi maupun internasional bereputasi

 
 
 

Pengetahuan

 

 

 

CPL 9

P1

Menguasai konsep teori akuntansi untuk menyelesaikan masalah secara sistematis.

 
 

CPL 10

PP2

Menguasai konsep teori umum dan pendukung Akuntansi dengan memanfaatkan data, informasi dan IPTEKS.

 
 
 
Shared: