Program Studi Akuntansi Usung Tema Pricing Strategy for Online

Minggu, 24 April 2022 09:30 WIB   Akuntansi

Kuliah tamu yang diadakan oleh program studi akuntansi Universitas Muhammadiyah Malang kali ini dilaksanakan secara daring pada hari Sabtu tanggal 23 April 2022. Meskipun dilaksanakan secara daring, peserta kuliah tamu sangat berantusias mengikuti berjalannya acara hingga selesai. Peserta kuliah tamu kali ini tidak hanya dari mahasiswa program studi akuntansi saja melainkan  juga dari alumni dan umum. Hal ini dikarenakan tema yang diusung pada kuliah tamu kali ini sangat relevan dan dibutuhkan pada masa saat ini untuk mendukung kegiatan bisnis yang sudah berjalan ataupun yang baru akan dilaksanakan. sebagaimana kita ketahui dan rasakan bersama bahwa paradigma bisnis sekarang sudah bergeser, semula bisnis itu bersifat konvesional pada saat ini di tengah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi bisnis  maka cara pandang terhadap strategy bisnis harus diubah. Keberadaan dari binis online ini banyak memberikan manfaat bagi pelaku bisnis seperti lebih mudah dalam melakukan pemasaran produk yang akan dijual karena akses pemasaran dalam digitalisasi ini lebih luas. Dengan meluasnya pemasaran secara online, perlu diingat bahwa persaingan dalam suatu bisnis juga akan meningkat. Sebagai pebinis online di era sekarang tentunya harus menghadapi banyak kompetitor yang bermacam – macam dan tentunya dibidang yang sama. Seorang pebisnis juga sudah harus memikirkan bagaimana agar suatu bisnis tetap bisa sustain dimasa yang akan datang yaitu salah satunya harus memiliki strategi  yang bisa menempatkan produk mereka istimewa di mata dan hati konsumen. Strategi tersebut ialah strategi penentuan harga yang menjadi tema pada kuliah tamu kali ini. Penentuan harga agar bisa bersaing dalam suatu pasar tertentu adalah hal yang sangat penting. Selain itu tantangan bagi pebisnis online saat ini, salah satunya yaitu loyalitas pelanggan/konsumen.  

Narasumber atau pemateri pertama pada kuliah tamu kali ini yaitu Bapak Arisdiansyah, beliau merupakan Founder dari PT Evapora. PT Evapora sendiri merupakan sebuah star up digital, learning platform yang membantu UMKM. Bapak Arisdiansyah menyampaikan terkait Inbound Marketing Flywheel. Flywheel marketing hadir menggantikan metode sebelumnya Funnel dimana metode funnel menjadikan customer hanya sebagai objek sedangkan Flywheel customer dimuliakan diberi value lebih misalnya hiburan melalui konten-konten dalam iklan/promosi. Sehingga penjual dituntut kreativitasnya sebagai strategi mendapatkan Customer experience.

Kemudian pada sesi ke-2 kuliah tamu kali ini akan diisi pemateri langung dari dosen-dosen program studi akuntansi yaitu ada Dra. Endang Dwi W, M.Si.,Ak.,CA dan Dra. Sri Wibawani WA, M.Si., Ak.,CA. Pada kesempatan kali ini, ibu Endang selaku pemateri ke-2 menyampaikan terkait strategi dasar dalam penetapan harga yaitu Market Skimming Pricing, Market Penetration Pricing, Penetapan Harga Keadaan Tetap. Kemudian juga menyampaikan terkait Etika dalam penentuan harga yaitu Dasar penetapan harga, biaya, supply demand, pesaing, Etika Pemasaran melibatkan praktik penetapan harga, termasuk tindakan Ilegal seperti diskriminiasi harga dan skimming harga dan Praktek Perdagangan yang tidak adil. Sedangkan pemateri ke-3, Ibu Sri Wibawani menambahkan dari beberapa hal yang sudah disampaikan oleh pemateri-pemateri sebelumnya yaitu terkait strategi penetapan harga untuk memenangkan persaingan pada era bisnis online. Beliau lebih menekankan pada Pendekatan Silahturahmi (Kemitraan ) dalam hubungan bisnis, adanya hal tersebut juga mampu menjanjikan hubungan bisnis dalam jangka panjang.

Shared: