Prodi Akuntansi FEB UMM Melakukan Benchmarking ke Departemen Akuntansi FEB UB

Rabu, 11 Januari 2023 03:42 WIB

Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya yang membawahi Prodi Akuntasi S-1, magister Akuntansi, Laboratorium Akuntansi, Pusat pengembangan Akuntansi, dan Unit Jaminan Mutu sebagai salah satu terkareditasi “Unggul” memiliki strategi dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi. Strategi Departemen Akuntansi FEB UB ini merupakan kekhasan sistem yang mengandung praktek baik perguruan tinggi lain. Hal ini mendorong Prodi Akuntansi FEB UMM melaksanakan kunjungan benchmarking ke Departemen Akuntansi UB pada hari Selasa, 11 Januari 2023.

Kunjungan ini khususnya berkaitan dengan pelaksanaan Akreditasi Lamemba yang akan dilaksanakan prodi Akuntansi FEB UMM. Selain itu, studi banding mengenai sistem penjaminan mutu internal (SPMI), tata kelola program studi, Kerjasama dan internasionalisasi tata kelola laboratorium, tata kelola Pusat pengembangan Akuntansi (PPA), serta sarana prasarana berikut pengelolaannya.

Kegiatan berlangsung di Ruang Rapat Gedung Utama Lt. 8 dan dihadiri oleh Dr. Sari Atmini, M.Si., Ak. selaku Sekretaris Departemen, Kepala Program Studi (KPS) S-1 yaitu Dr. Arum Prastiwi, M.Si., Ak.. kemudian Kepala Program Magister Noval Adib, Ph.D., MSA., Ak., Kepala Laboratorium Akuntansi Dr. Syaiful Iqbal, Ak., CA., CPMA., kepala PPA Dr. Bambang Hariadi, S.E., M.Ec., Ak., CPA., serta kepala unit jaminan mutu (UJM) Departemen Akuntansi FEB UB yakni Mirna Amirya, MSA., Ak., AAP.  Sedangkan dari pihak Prodi Akuntansi FEB UMM dihadiri oleh Dr. Driana Leniwati, SE., MSA., Ak.,CSRS., selaku Kaprodi Akuntansi FEB UMM, Aviani Widyastuti, SE., MSA., Ak., CA. , Tri Wahyu Oktavendi, SE., MSA., selaku sekretaris prodi 1 dan 2. Kepala dan Sekretaris Laboratorium M. Wildan Affan, MSA. Dan Novita Agus Saputri, SPd., MPd., kepala bidang Kerjasama dan internasionalisasi, Mudrifah, SE., MM. serta kepala PPA Fahmi Dwi Mawardi, SE., MSA., CSRS.

Paparan awal sekaligus sambutan dibuka oleh Dr. Arum Prastiwi, M.Si., Ak. Membahas tentang tata kelola program studi Akuntansi FEB UB sehingga bisa memperoleh akreditasi unggul. Kunjungan siang itu kemudian dilanjutkan studi banding mengenai pengelolaan Laboratorium dan PPA. Dalam kunjungan itu tim UJM Departemen Akuntansi FEB UB  juga memberikan penjelasan terkait jaminan mutu. Tak lupa juga kedua belah pihak membahas berbagai fasilitas yang dimiliki berikut tata cara pengelolaannya. Diharapkan kunjungan benchmarking ke Departemen Akuntansi FEB UB ini memberikan insight yang bisa diterapkan di Prodi Akuntansi UMM. (if)

Shared: